Jumat, 31 Agustus 2012

SUTTA PITAKA



2. SUTTA PITAKA

Sutta Pitaka terdiri atas lima "kumpulan" (nikaya) atau buku, yaitu:

  1. Digha Nikaya, merupakan buku pertama dari Sutta Pitaka yang terdiri atas 34 sutta panjang, dan terbagi menjadi tiga vagga : Silakkhandhavagga, Mahavagga dan Patikavagga. Beberapa diantara sutta-sutta yang terkenal ialah: Brahmajala Sutta (yang memuat 62 macam pandangan salah), Samannaphala Sutta (menguraikan buah kehidupan seorang pertapa), Sigalovada Sutta (memuat patokan-patokan yang penting bagi kehidupan sehari-hari umat berumah tangga), Mahasati Patthana Sutta (memuat secara lengkap tuntunan untuk meditasi Pandangan Terang atau Vipassana), Mahapari-Nibbana Sutta (kisah mengenai hari-hari terakhir Sang Buddha.

  1. Majjhima Nikaya, merupakan buku kedua dari Sutta Pitaka yang memuat khotbah-khotbah menengah. Buku ini terdiri atas tiga bagian (pannasa), dua pannasa pertama terdiri atas 50 sutta dan pannasa terakhir terdiri atas 52 sutta, seluruhnya berjumlah 152 sutta. Beberapa sutta di antaranya ialah Ratthanapala Sutta, Vasettha Sutta, Angulimala Sutta, Anapanasati Sutta, Kayagatasati Sutta dan sebagainya.

  1. Anguttara Nikaya, merupakan buku ketiga dari Sutta Pitaka, yang terbagi atas sebelas nipata (bagian) dan meliputi 9.557 sutta. Sutta-sutta disusun menurut urutan bernomor, untuk memudahkan pengingatan.

  1. Samyutta Nikaya, merupakan buku keempat dari Sutta Pitaka, yang terdiri atas 7.762 sutta. Buku ini dibagi menjadi lima vagga utama dan 56 bagian yang disebut Samyutta.

  1. Khuddaka Nikaya, merupakan buku kelima dari Sutta Pitaka yang terdiri atas kumpulan lima belas kitab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar